• Blog

  • Perbedaan print_r() dengan var_dump() Di PHP

    • Rabu, 24 Januari 2018 16:56:35
    • Author : Administrator
    3333
    0

    Halo guys, pada kesempatan kali ini Jasa Pembuatan Website punya sedikit tips dan trik mengenai perbedaan print_r() dengan var_dump() di php. Perlu kalian ketahui sebelumnya, fungsi print_r() adalah untuk mencetak isi dari suatu array baik itu array conventional maupun array object dan dari hasil cetak fungsi output tersebut tidak menyertakan dengan type datanya tidak seperti pada fungsi var_dump(). Sebaliknya perlu kalian ketahui sebelumnya, fungsi var_dump() adalah untuk mencetak isi dari suatu array baik itu array conventional maupun array object, serta untuk mencetak suatu variable yang ingin di tampilkan dan dari hasil cetak fungsi output tersebut menyertakan dengan type datanya, seperti yang saya akan jelaskan di bawah ini.

    Untuk memastikan tipe data dari sebuah variabel, PHP menyediakan fungsi yang sangat berguna, terutama untuk proses pengujian dan pencarian kesalahan (debugging), yakni fungsi var_dump. Fungsi var_dump membutuhkan inputan variabel yang akan diperiksa. Lantas apa bedanya dengan ECHO di php ?. perbedaan antara ketiganya tidaklah banyak, hanya saja untuk echo lebih dikhususkan untuk menampilkan element-element pendukung pada halaman website, dan tentu saja dari keduanya antara var_dump() dengan echo terdapat perbedaan yang sanagt signifikan.

    Pada contoh yang saya berikan disini adalah membandingkan hasil output antara print_r() dengan var_dump() di PHP. Namun apabila kalian ingin langsung melihat tutorial yang sudah saya buat dalam bentuk video, bisa tonot video di bawah ini:



    Namun apabila kalian ingin mempraktekannya melalui artiel ini, bisa mengikuti tahapan yang saya berikan di bawah ini :

    • Kalian buat dahulu satu buah folder project di dalam folder web server kalian
    • Selanjutnya, kalian buat lagi satu buah file dengan nama index.php, dan ketikan kode seperti berikut :
    <!DOCTYPE html>
    <html lang="en">
    <head>
    	<meta charset="UTF-8">
    	<title>Perbedaan print_r() dengan var_dump() Di PHP</title>
    </head>
    <body>
    
    <?php
    
    $string = 'an Abraham adalah nama saya, dan menjadi Web Developper itu bagi saya sangat menyenangkan. Dari sekian banyaknya ilmu dan teknologi-teknologi baru yang saya dapati dari berbagai macam kasus-kasus yang saya pecahkan di lapangan, tidak pernah merasa puas bagi saya Brian Abraham untuk menghentikan perjalanan tersebut cukup sampai disini'; 
    $int = 9;
    $float = 2.7;
    
    echo "<h3>ini adalah output dengan print_r()</h3>";
    print_r ($string);
    echo "<br/>";
    print_r ($int);
    echo "<br/>";
    print_r ($float);
    
    
    echo "<br/>";
    echo "<br/>";
    echo "<h3>ini adalah output dengan var_dump()</h3>";
    var_dump($string);
    echo "<br/>";
    var_dump($int);
    echo "<br/>";
    var_dump($float);
    
    
    ?>
    
    
    </body>
    </html>
    • Jika sudah kalian save terlebih dahulu file tersebut, dan lihat hasilnya di browser kesayangan kalian.

    Sampai disini saya harap kalian sudah paham, dan apabila mengikuti tahapan yang saya berikan dengan benar maka sekarang kalian sudah berhasil mengikuti contoh perbedaan print_r() dengan var_dump() di php.

    Sampai disini tips dan trik yang Jasa Pembuatan Website jelaskan mengenai perbedaan print_r() dengan var_dump() di php, jangan sungkan untuk berkomentar di kotak komentar yang saya sediakan di bawah ini.

    ~ Happy Coding Guys 😘 ~

    Average rating of vote
  • KOMENTAR

  • Kirim Komentar

    Untuk mengirim komentar, lengkapi formulir dibawah ini.